Jumat, 28 November 2008

Sistem Pengenalan Suara

Setelah beberapa bulan terakhir saya tidak posting di blog ini, akhirnya saya bisa meluangkan waktu untuk memposting diblog ini yang isinya seputar tugas akhir kuliah yang saya kerjakan. Dalam tugas akhir ini, saya mengembangkan perangkat lunak sistem pengenalan individu berbasis suara ucapan dengan menggunakan metode RLS dan Fuzzy Clustering pada tahap klasterisasinya.

Hasil klasterisasi yang diperoleh dari tiap-tiap metode tersebut kemudian dibandingkan tingkat keoptimalannya dengan membandingkan tingkat pengenalan yang dihasilkan. Perangkat lunak yang saya kembangkan ini ditulis dengan bahasa pemrograman java (J2SDK 1.4.3_17).

Dalam sistem yang saya buat, terdapat beberapa proses diantaranya, proses perekaman, proses estimasi (menggunakan estimasi trispektrum), proses klasterisasi (menggunakan metode RLS dan Fuzzy Clustering) dan Proses Training serta Testing (dengan metode JST-LVQ). Download Makalah.

Tidak ada komentar: